(021) 4680-4001 [email protected]

Kita sering mendengar kata tenda, namun mungkin masih banyak dipikiran kita yang masih awam bahwa jenis tenda hanya tersedia untuk camping. Berikut kami sajikan beberapa jenis tenda untuk menambah pengetahuan kita.

Tenda Ridge

Dahulu kala semua tenda biasa saja – bagian atasnya yang mengeructu membuat tenda kurang maksimal untuk ditempati. Dengan sebuah tiang di setiap ujungnya dan ditopang dua tiang silang yang mengangkat punggung tenda menjadi atap tenda. Oleh karena itu disebut jenis tenda ridge.

Jenis tenda ridge sangat stabil dan memiliki jenis dan ukuran dari yang kecil sampai yang besar. Jenis tenda ini sangat mudah untuk dibawa dan dapat menjadi tempat penampungan yang sangat baik sampai saat ini.

Kekurangan dari jenis tenda ini adalah bagian atasnya yang terlalu tinggi. bahkan untuk unit tenda yang besar pun bagian atas jenis tenda ini sangat terbatas.

Tidak menjadi masalah saat Anda menggunakan jenis tenda ini hanya untuk tidur saja. Tetapi menjadi kurang ideal untuk liburan keluarga ketika sedang  hujan Anda tidak bisa leluasa berjalan di dalam.

Tenda Dome

Sekarang kita akan membahas tentang jenis tenda luar ruangan dome. Bentuk dasar tiang tenda yang melengkung membentuk setengah lingkaran. Dengan kedua ujung tiang tenda yang diberi slot untuk menghubungkan antar tiang yang dimasukan kedalam alur tenda.

Dua tiang yang saling menyilang di tengah akan membentuk kubah persegi. Tiga tiang akan membentuk segi enam. Sudut-sudut tenda lebih tinggi dibandingkan jenis tenda kerucut, sehingga jenis tenda luar ruangan ini lebih nyaman untuk digunakan dalam beraktifitas.

Jenis tenda ini lebih stabil untuk ukuran kecil, tidak seperti tenda kerucut. Tenda Dome menjadi kurang stabil untuk ukuran yang lebih besar.

Geodesik dan semi-geodesik

Jenis Tenda Geodesik

Geodesik adalah istilah matematis. Awalnya garis ‘geodesik’ merupakan rute terpendek antara dua titik di bumi. Saat ini, jenis tenda ini digunakan untuk menggambarkan sebuah tenda di mana kutub saling silang di atas permukaan, berpotongan membentuk segitiga. Memberikan tekanan diseluruh Struktur tenda.

Jenis Tenda ini sangat cocok untuk kondisi cuaca yang sangat ekstrim. Seperti ketika anda ingin mendaki ke puncak Everest yang memiliki cuaca yang sangat ekstrim.

Tenda semi-geodesik

Jenis tenda semi-geodesik menggunakan prinsip yang sama tetapi umumnya lebih sedikit kutub untuk kondisi yang sedikit kurang ekstrim. Namun demikian, jenis tenda ini biasanya diproduksi dalam ukuran kecil. Bagi mereka yang sering beraktifitas di pegunungan atau di medan berangin dan terbuka.

Tenda instan atau tenda cepat

Tenda instan dibuat oleh beberapa supplier dan merupakan yang terbaru dalam berbagai jenis tenda yang ada.

Sebuah bingkai pegas panjang, melingkar, dan dipasang secara permanen ke dalam kain tenda. Dengan memutar bingkai, keseluruhan tenda menjadi melingkar.

Lepaskan pegas – dalam beberapa hal anda dapat melakukan ini secara dramatis dengan melemparkan seluruh tenda ke udara. Dan bingkai bermunculan mengubah tas kain menjadi tempat penampungan yang sangat elegan dan praktis.

Beberapa waktu yang lalu kami telah mengatakan bahwa jenis tenda ini benar-benar hanya cocok untuk kondisi cuaca yang baik. tetapi perkembangan terakhir telah membuat jenis tenda ini lebih kuat. Lengkap dengan tenda dalam dan ruang tidur untuk sebanyak lima orang.

Namun, masih banyak yang lebih baik disimpan untuk satu atau dua malam di festival. Atau anak-anak untuk mempersiapkan diri ketika anda memasang tenda keluarga utama.

Tenda Tiup

Faktanya bahwa jenis tenda ini cukup langka, kebanyakan orang pernah mendengar tentang jenis tendaini. Harga Tenda tiup tergolong mahal dan bahkan bisa sangat mahal.

Namun, ketika Anda melihat tenda tiup di sebuah website, melihat pemiliknya yang bangga hanya mengeluarkan sudut tenda. Menyalakan kompresor dan duduk kembali untuk menyaksikan tenda berdiri sendiri hanya dalam beberapa menit. Anda akan memahami daya tarik jenis tenda inflatables.

Tenda Khyam Sistem

Yang paling dikenal dari ‘tenda instan’ adalah buatan dari pabrik Khyam, yang memiliki banyak tenda di pasar selama lebih dari satu dekade.

Sistem jenis tenda ini didasarkan pada sprung ‘knuckle’ atau sendi siku sederhana. Ini dapat menahan tiang fleksibel lurus atau menjadi ‘patah’ untuk membiarkan tiang melengkung. Kerangka tenda secara permanen dipasang pada kain dan meletakkan tenda sesederhana dengan mengeluarkannya dari tas dan membiarkan tiang jatuh ke posisi yang tepat.

Bekerja mengelilingi tenda, tiang-tiang diluruskan menggunakan sendi siku untuk memungkinkan tenda untuk mengadopsi bentuk akhirnya. Berhati-hatilah agar tidak mencubit jari Anda.

Tenda Tunnel (terowongan)

Kubah tidak selalu memberikan ruang besar yang bisa digunakan, jadi cara lain untuk menggunakan tiang fleksibel adalah dengan mengikatnya menjadi lingkaran-lingkaran dan menempatkannya dalam garis untuk membuat tenda ini. Terowongan lain menggunakan kutub yang kokoh untuk membentuk strukturnya.

Jenis tenda ini memiliki berbagai ukuran dan model. Jenis tenda ini merupakan bentuk paling umum dari tenda keluarga yang banyak ditemukan di tempat perkemahan saat ini.

Tenda Vis-à-vis

Setelah Jenis tenda kubah dan terowongan mulai berkembang, desainer tenda menambahkan kamar ekstra ke struktur dasar tenda.

Tren ini dimulai di Perancis di mana bagian tengah tenda yang besar akan menawarkan ruang utama, dan sebuah kamar pavilyun dari setiap sisi akan menawarkan dua kompartemen tidur. Kedua kompartemen ini saling berhadapan.

Jenis tenda ini berhadap-hadapan, maka disebut vis-à-vis dalam bahasa Perancis. Tenda vis-à-vis dapat berupa kubah atau terowongan dan memang, beberapa tenda yang pertama dari jenis tenda ini adalah tenda bingkai persegi.

Tenda Pod Living

Beberapa tenda terbesar di pasar saat ini bergaya pod. Mereka memiliki ruang tengah dengan beberapa area tidur (‘pods)) di bagian depan, seperti jari-jari roda.

Jenis tenda ini tampak bagus di ruang pameran. Anak-anak dapat memiliki ruang mereka sendiri dengan sirkulasi udara yang baik, anda dapat berkumpul di dalam tenda pada siang hari.

Namun, ada beberapa kekurangan pada jenis tenda ini. Jenis tenda ini membutuhkan area yang sangat luas – banyak tempat perkemahan mengenakan biaya tambahan untuk area yang luas. Jenis tenda ini memiliki volume kain yang lebih besar daripada tenda terowongan yang setara, membuat mereka lebih berat untuk diangkat dan umumnya lebih sulit untuk didirikan.

Jika Anda menyukai pengaturan ruang tenda tetapi tidak selalu membutuhkan semua ruang, pertimbangkan sebuah tenda yang memungkinkan Anda dapat memasang beberapa ruang tambahan.

Tenda keluarga besar

Desainer tenda membuat desain tenda yang semakin kompleks dan meningkatkan skala tenda kecil favorit mereka menjadi tenda keluarga yang lebih besar.

Ukuran tenda tidak selalu merupakan ide yang baik – tidak semua desain bekerja dengan baik dalam ukuran yang berbeda dan ada beberapa tenda kubah raksasa yang tidak stabil telah diproduksi.

Secara umum, tenda terowongan lebih baik dalam ukuran yang lebih besar tetapi lebih efektif jika berbentuk seperti layang-layang, jika tenda terkena angin sebelum dipasang dengan benar.

Sebagian besar produsen kini memproduksi tenda yang memiliki kombinasi yang berfungsi dengan baik. Misalnya, Anda dapat tidur di ruang tenda yang satu dan anda memiliki ruang tenda lain untuk ruang tamu.

Tenda Bingkai

Tenda tiang fleksibel tidak menyingkirkar tenda tradisional – Jenis tenda ini masih ada dan masih populer.

Mereka menggunakan kerangka kaku yang lurus (biasanya baja) dengan sendi miring dan masih dapat memberikan banyak ruang termasuk ruang utama, ditambah stabilitas ketika dipasang dengan benar.

Di sisi bawah, jenis tenda bingkai cenderung lebih berat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dipasang daripada tenda lain.

Tenda Tepee Tradisional Anak

Tenda tepee tradisional dengan tiang tunggal atau bahkan tenda kuno bell Scout semakin populer sepanjang waktu sebagian besar produsen telah memperkenalkan tenda tepee atau sesuatu yang serupa dalam setahun terakhir atau lebih.

Tenda tepees mungkin terlihat bagus, tetapi tidak memiliki banyak ruang,  jadi mungkin jenis tenda ini paling cocok untuk berkemah atau festival ‘cuaca bagus’.

Namun, ada pengecualian – tenda tradisional 100 persen berbahan katun tradisional yang digunakan sebagai tenda patroli oleh Pramuka dan Pemandu dapat menahan cuaca yang kurang baik di Inggris.

Share This